Dampak Asam Urat Pembengkokan Sendi Harus Dioperasi

SALAH satu dampak peningkatan kandungan asam urat dalam tubuh adalah pembengkokan sendi. Dan jika dibiarkan dapat mengakibatkan kerusakan sendi atau bahkan cacat sendi.

Hal itu terjadi karena kelebihan asam urat dalam tubuh lama kelamaan membentuk kristal urat yang jika dilihat di bawah mikroskop kristal urat menyerupai jarum-jarum renik. Jarum urat yang menumpuk, mengendap di sendi, otot, atau jaringan ikat lama kelamaan akan melukai dan merusak sendi. Rasa sakit yang ditimbulkan adalah nyeri seperti tertusuk-tusuk.

"Jika penumpukan dibiarkan berlanjut maka akan terjadi perubahan bentuk sendi. Jika sudah begitu, satu-satunya cara menyembuhkannya hanyalah melalui operasi atau pembedahan," terang dr Arif Koswandi SpPD, spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Awal Bros Batam.

Menurut Arif, sendi yang berpotensi menjadi lokasi pengendapan kristal urat biasanya adalah sendi yang kecil-kecil. Misalnya sendi ruas jemari tangan atau kaki, sendi jempol kaki, siku, lutut, punggung kaki, tumit, dan daun telinga. Karenanya tak mengherankan bila bagian-bagian tersebut kadang membengkak dan terasa nyeri seperti terkena derita rematik.

Tumpukan asam urat juga membentuk benjolan yang disebut tophi. Benjolan dapat ditemukan di tulang rawan, jaringan otot, atau di ruang sendi. Tophi di kaki bisa pecah dan mengeluarkan serbuk tepung urat. Tophi kerap terbentuk di daun telinga dan saluran ginjal (microtophi).

Dampak lain penumpukan asam urat pada sendi adalah derita encok gout. Berbeda dengan encok biasa, encok gout memilih sendi tertentu dan biasanya tidak simetris kiri dan kanan. Dari sisi waktu serangan juga berbeda dengan encok biasa. Sebab, serangan encok gout biasanya terjadi di malam hari. Meski sama-sama bengkak, merah meradang, nyeri tekan, tapi hasil laboratoriumnya beda. (*)

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Share