Penderita Over Weight Lebih Beresiko Terserang Asam Urat Tinggi

BILA Anda merupakan orang yang menderita over weight sebaiknya berhati-hati. Sebab, tubuh yang gemuk lebih beresiko terkena asam urat tinggi yang bisa juga berdampak pada kesehatan organ tubuh lainnya seperti , batu ginjal, gagal ginjal atau nyeri sendi atau gout.

"Tingginya resiko asam urat tinggi pada penderita over weight tersebut disebabkan oleh timbunan lemak dalam tubuh. Sebab, lemak-lemak tersebut akan mengurangi ekskresi atau pengeluaran asam urat dalam tubuh yang secara otomatis akan meningkatkan penimbunan asam urat dalam tubuh," ungkap dr Arif Koswandi SpPD, spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Awal Bros Batam.

Karenanya, salah satu cara menurunkan resiko tersebut adalah dengan cara menurunkan berat badan tubuh serta melakukan diet rendah purin. Jika berat badan berkurang, diharapkan ekskresi atau pengeluaran asam urat dalam tubuh akan lebih lancar.

Cara lain yang disarankan untuk mengurangi kandungan asam urat dalam tubuh adalah dengan banyak minum air putih. Dengan catatan, yang bersangkutan tidak sedang menderita jantung, gagal ginjal, dan sebagainya. Sebab, konsumsi banyak air putih bisa memperburuk derita penyakit tersebut.

Faktor lain yang bisa menjadi pencetus tingginya kandungan asam urat dalam tubuh adalah derita gagal ginjal, kanker, serta faktor genetik atau bawaan sejak bayi. Untuk faktor genetik ini resiko munculnya komplikasi akibat tingginya asam urat semakin besar. Sementara gagal ginjal dan kanker menjadi pencetus karena penyakit ini membuat kemampuan pengeluaran asam urat dari tubuh terganggu. (*)

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Share